Sabtu, 30 Oktober 2010

Gunadarma Career Center


Gunadarma Career Center
Career Center
Career Center adalah website yang disediakan bagi alumni Universitas Gunadarma untuk mencari lowongan kerja
Fungsi  dari Career Center :
1.Unit Khusus
Unit khusus yang berada di bawah BAPSI dengan cakupan tugasnya adalah:
 (1) memelihara basis data alumni yang bisa dimutakhirkan melalui situs career center
 (2) memberikan layanan informasi lulusan ke calon pengguna lulusan atau perusahaan-perusahaan
 (3) memberikan layanan proses penerimaan atau penyaluran lulusan berdasarkan permintaan calon pengguna
 (4) mengembangkan dan memelihara layanan berbasis web
 (5) Melakukan koordinasi dengan program studi atau unit kerja terkait lainnya dalam melaksanakan e-tracer study.



Halaman Utama  Website Career  Center

2. Electronic Job Maching

Electronic Job Maching Prinsip berfungsi untuk mempertemukan antara lulusan dengan calon pengguna lulusan melalui situs Career Center di http://career.gunadarma.ac.id.  Perusahaan bisa memiliki account dan mengisi profil usahanya serta mengirimkan lowongan kerja yang bisa diakses oleh alumni Universitas Gunadarma.
3. Bimbingan karir
Universitas Gunadarma memberikan layanan bimbingan karir disediakan bagi mahasiswa maupun alumni melalui Career Center.

4. Job Placement Center
Pusat penempatan kerja ini merupakan salah satu layanan yang diberikan kepada mahasiswa atau lulusan untuk informasi lowongan kerja, proses rekrutmen di kampus, jasa rekrutmen untuk perusahaan, serta bimbingan karir. Unit ini mempunyai layanan berbasis internet yang disebut dengan UG career center yang pengelolaannya merupakan tanggung jawab BAPSI. Lokasinya adalah di Gedung 3 Kampus Depok.

5. Electronic Tracer Study

Salah satu metode untuk mengetahui kompetensi alumni di dunia kerja sekaligus memperoleh umpan balik untuk perbaikan kurikulum. Berbentuk kuisoner elektronik yang diisi oleh alumni dan perusahan pengguna alumni Gunadarma. Pendistribusian e-tracer study tersebut melalui situs career center di http://career.gunadarma.ac.id



Navigasi pada Web Career Center


Halaman Depan web Career Center

         Pada halaman web Career center tidak ada horisontal menu maupun vertikal menu yang terstruktur dengan rapi hal ini sedikit membingungkan bagi user yang pemula. Pada halaman depan ini terlihat beberapa widget disebelah kanan dan kiri konten utama yaitu kotak login  , search , dan konsultasi disebelah kiri . Kemudian disebelah kanan terdapat kotak link untuk registrasi pencari kerja dan perusahaan serta link untuk archieve dari berita yang pernah dipublish .  
        Kotak search/pencarian kurang tepat diletakkan di kiri bawah seharusnya kotak/search diletakkan di kanan atas sehingga lebih dapat memudahkan serta lebih terlihat oleh user . Link News tidak tepat berada di dalam widget/box registration seharusnya link news dapat diletakkan pada menu horisontal dengan membuat menu horisontal ataupun diletakkan di konten tengah dimana berita di letakkan .
       Berita yang ada pada web ini kurang terupdate , dari screenshot yang saya ambil pada tanggal 30 oktober 2010 dapat terlihat bahwa berita pada web ini kurang terupdate yaitu update berita terakhir adalah 3 minggu yang lalu .  


Navigasi Setelah Login


Setelah login sebagai pencari kerja/job seeker pada kotak login di sebelah kiri maka akan muncul link pada kotak/widget sebelah kiri yaitu link home , profile , Working experience , dll .  Link yang tersusun secara vertikal atau yang biasa disebut vertikal menu sudah bagus  karena link ini mempunyai hubungan yang saling berkaitan satu sama lain sehingga lebih memudahkan user/pengguna dalam menginput data maupun mencari informasi .


Feature pada Web Career Center

1.    Publikasi data diri


Setelah mendaftar sebagai job seeker/pencari kerja kita dapat memasukkan biodata/data pribadi kita seperti nama , alamat , telp ,  url , dan lain –lain . Fasilitas ini berguna agar perusahaan yang tertarik dengan kita dapat mengontak kita langsung dengan melihat biodata kita .


2.    Resume/CV Online


     Career center menyediakan fasilitas CV/Resume Online , kita sebagai pencari kerja dapat memasukkan data tentang kemampuan kita baik hardskill maupun softskill serta pengalaman kerja atapun pengalaman pelatihan dll . Pada kolom Objective kita dapat memasukkan skill/ kemampuan kita misalnya untuk anak jurusan Informatika dapat memasukkan skill programming mereka misalnya PHP  , Codeigniter ,  Oracle , dll . Kemudian pada kolom Vocabularies kita dapat memasukan lokasi pekerjaan yang kita inginkan dan jenis pekerjaan misalnya untuk lokasi “Indonesia” dan pada Job terdapat option “Web Programmer”  .  Kemudian pada position kita dapat memasukkan posisi yang kita inginkan misalnya “PHP Programmer” atau “Oracle Database Administrator”  .  Lalu pada kolom Salary kita dapat memasukkan range salary yang kita inginkan misalnya “2 Juta – 3 Juta“ . Kemudian pada kolom service kita dapat memasukkan waktu pekerjaan apakah “part time” ataupun “Full Time”
     Kemudian pada Tab Personal kita dapat memasukkan data pendidikan kita yaitu Jurusan , jenjang , tahun lulus .



3.     Job Corner




Selain Perusahaan yang bisa mencari info tentang kita , kita sebagai pencari kerja disediakan yang namanya “Job Corner” dengan fasilitas ini kita dapat melihat perusahaan – perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan .  Kita sebagai pencari kerja dapat terbantu dengan adanya fasilitas ini karena informasi mengenai pekerjaan beragam dan terupdate sehingga kita lebih dapat memilih mana pekerjaan yang kita inginkan  .

 sumber : http://ugpedia.gunadarma.ac.id
                     http://career.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar