Jumat, 01 April 2011

Uang

Uang Kartal


Salah satu ciri penting dari suatu perekonomian modern adalah : dalam kegiatan ekonomi berlaku spesialisasi dan pertukaran. Pertukaran yang efisien disebabkan oleh penggunaan uang sebagai perantara dalam tukar menukar. Oleh sebab itu definini “uang” selalu dihubungkan dengan fungsi uang sebagai perantara dalam tukar menukar.
Sebenarnya apakah definisi serta fungsi uang tersebut, dan kaitannya dalam perekonomian ? Uang merupakan alat tukar-menukar yang memiliki nila sehingga memudahkan kita dalam kegiatan beli membeli J. Uang diciptakan dalam perekonomian dengan tujuan untuk melancarkan kegiatan tukar-menukar dan perdagangan. Maka uang selalu didefinisikan sebagai benda-benda yang disetujui oleh masyarakat sebagai alat perantara untuk mengadakan tukar menukar/ perdagangan.
Dalam ilmu ekonomi peranan/ fingsi uang dibedakan menjadi 4 jenis ialah :
1.                  Untuk melancarkan kegiatan tukar menukar
2.                  Untuk menjadi satuan nilai
3.                  Untuk ukuran bayaran yang ditunda
4.                  Sebagai alat penyimpan nilai
Penggunaan uang dalam perekonomian mendorong kepada perkembangan institusi keuangan dan sistem bank. Dalam perekonomian modern uang tidak lagi disimpan di rumah atau perusahaan-perusahaan. Sebagian besar akan disimpan dalam institusi keuangan atau di investasikan dengan cara membeli harta keuangan seperti saham atau bond. Sistem keuanghan suatu negara meliputi institusi keuangan dan pasaran keuangan. Institusi keuangan yang utama adalah: bank sentral, bank perdagangan, finance company, merchant bank, perusahaan asuransi dan bank tabungan. Sedangkan yang tergolong sebagai pasaran keuangan adalah: pasaran uang, pasaran modal, pasaran saham dan pasaran mata uang asing.
Institusi yang paling penting dalam suatu sistem keuangan adalah bank sentral dan bank perdagangan ( bank umun). Bank sentral  adalah bank yang didirikan oleh pemerintah dan diberi tanggung jawab untuk mengawasi kegiatan berbagai institusi  keuangan dan pasaran keuangan. Fungsi utama bank sentral adlah :  (i)  sebagai bank kepada pemerintah, (ii) sebagai bank kepada bank perdagangan, (iii) menyediakan uang logam dan uang kertas, (iv) mengatur kegiatan jual beli mata uang asing, (v) mengawasi kegiatan bank perdagangan dan institusi keuangan lain, dan (vi) menjalankan kebijakan moneter.
Uang Giral
Berupa Cek/ATM

Sedangkan, bank perdagangan merupakan institusi keuangan yang paling penting oleh karena ia bukan saja bertindak sebagai pengumpul tabungan masyarakat tetapi juga dapat menciptakan salah satukomponen dari penawaran uang, yaitu tabungan giral. Tabungan giral sebagai wujud dari (i) seseorang menyimpan uangnya di bank perdagangan dan (ii) bank perdagangan memberi pinjaman kepada pelanggan.
Keseluruhan jumlah uang yang ada dalam perekonomian dinamakan penawaran uang . secara sempit penawaran uang dinamakan M1 dan secra luar dinamakan M2. M1 terdiri dari uang dalam edaran (uang kertas dan logam) dan tabungan giral. Sedangkan M2 meliputi M1+deposito berjangka dan tabungan dalam bank perdagangan. Tabungan dan deposito berjangka dinamakan juga sebagai uang kuasai atau kekayaan mudah tunai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar